Logo Bloomberg Technoz

TikTok Ingin Produk UMKM Indonesia Dijual ke Luar Negeri

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 June 2023 21:14

Mendag Zulkifli Hasan bertemu dengan CEO Tiktok Shou Zi Chew, Rabu (14/6/2023) (Dok. Kemendag)
Mendag Zulkifli Hasan bertemu dengan CEO Tiktok Shou Zi Chew, Rabu (14/6/2023) (Dok. Kemendag)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) TikTok, Shou Zi Chew berkunjung dan menemui Menteri  Perdagangan  Zulkifli  Hasan di kantornya. Bos platform media sosial ini mengklaim ingin berterima kasih terhadap seluruh dukungan pemerintah terhadap perkembangan TikTok di Indonesia.

Salah satunya, kata Shou, adalah izin dari Kementerian Perdagangan sehingga bisa muncul TikTok Shop di Indonesia. Menurut dia, saat ini ada 5 juta akun atau pelaku usaha di Indonesia menggunakan TikTok untuk menjalankan bisnisnya.

Menurut dia, sebagian besar adalah usaha menengah, kecil dan mikro atau UMKM. Bahkan, sebanyak 2 juta pelaku usaha di antaranya secara resmi menggunakan TikTok Shop.

"Salah satu harapannya adalah barang Indonesia dapat dijual tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luarnegeri melalui platform TikTok,” kata Shou seperti dilansir Kementerian Perdagangan, Rabu (14/6/2023).

Menurut dia, TikTok berkomitmen menjadi wadah yang aman bagi pengguna Indonesia untuk melakukan aktivitas, termasuk perdagangan. Dia pun sengaja menggandeng pemerintah sebagai regulator sebagai jaminan keamanan dan keselamatan seluruh pengguna TikTok di Indonesia.