Logo Bloomberg Technoz

Blok East Natuna Dilelang Ulang Juli, Rawan Konflik Geopolitik

Rezha Hadyan
14 June 2023 19:00

Lokasi penambangan migas milik PT Energi Mega Persada Tbk atau ENRG (Dok perusahaan)
Lokasi penambangan migas milik PT Energi Mega Persada Tbk atau ENRG (Dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana untuk melelang ulang Lapangan D-Alpha Blok East Natuna, Pulau Natuna, Kepulauan pada akhir Juli 2023.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan lelang ladang gas tersebut akan dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex).

Rencananya, acara tersebut akan digelar pada 25—27 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang Selatan.

Menurut Tutuka, lelang Lapangan D-Alpha Blok East Natuna akan sangat menantang. Penyebabnya, tidak semua perusahaan migas mampu mengelola wilayah kerja (WK) dengan kandungan karbondioksida (CO2) yang tinggi mencapai 71%.

“Tidak bisa perusahaan kecil itu kan sangat mahal, saya bisa bayangkan skala maksimum produksi CO2 itu sebesar produksi gas nasional seluruh Indonesia, 6 billion [miliar kaki kubik gas] jadi gede banget nahan CO2-nya,” katanya ketika ditemui di Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).