Logo Bloomberg Technoz

KCIC Mulai Buka Naming Rights Stasiun Kereta Cepat

Yunia Rusmalina
14 June 2023 15:25

Ilustrasi Kereta Cepat di Prancis (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Kereta Cepat di Prancis (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mulai menawarkan hak penamaan atau naming rights seluruh stasiun kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB). Proyek dengan panjang lintasan mencapai 142,3 Km tersebut memiliki empat stasiun yaitu Stasiun Halim, Jakarta; serta Stasiun Karawang; Stasiun Padalarang; dan Stasiun Tegalluar, Jawa Barat. 

General Manager Property and Non-Farebox Business Development KCIC, Devin Pranata mengatakan, sudah ada 10 perusahaan yang menyatakan minat membeli naming rights stasiun kereta cepat. 

"Sudah dikasih feedback-nya, kita tunggu saja," kata Devin di Stasiun Kereta Cepat Halim, Rabu (14/06/2023). 

Seperti penamaan halte dan stasiun lainnya, menurut dia, harga sewa hak penamaan setiap statiun kereta cepat akan berbeda-beda. Dia mengatakan, naming rights pada Stasiun Halim akan paling tinggi karena menjadi stasiun utama. 

Meski demikian, Devin mengklaim KCIC belum mengeluarkan besaran nilai hak penamaan yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Saat ini, KCIC sedang menggandeng sebuah perusahaan independen di bidang audit, Deloitte untuk menghitung potensi periklanan pada setiap stasiun.