Logo Bloomberg Technoz

Sisa 3 Bulan Jabat Gubernur, Ganjar Kejar Target Basmi Stunting

Sultan Ibnu Affan
14 June 2023 15:45

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (Dok Bloomberg)
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan bahwa selama masa sisa jabatannya, ia akan memilih fokus pada program penurunan angka kemiskinan ekstrem dan penurunan gizi buruk alias stunting di Jawa Tengah.

Diketahui Ganjar dilantik menjadi gubernur pada 5 September 2018 lalu. Jika merujuk UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada Pasal 162 ayat (2), masa jabatan kepala daerah dihitung lima tahun sejak dilantik. Dengan demikian, masa jabatannya akan habis pada 5 September 2023 nanti.

"Tapi ada beberapa prioritas, setidaknya ada 2 yang sekarang lagi kita kejar. Satu, penurunan angka kemiskinan yang ekstrem, dan yang kedua ini stunting," kata Ganjar di gedung Bappenas, Menteng, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Ia juga mengatakan bahwa dalam menjalankan program tersebut, pemerintah daerahnya tak menggunakan APBD melainkan didapatkan dari berbagai pihak dan lembaga filantropi masyarakat.

"Ada dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional), ada dari CSR (Corporate Social Responsibility), filantropi, ada dari kelompok-kelompok masyarakat yang peduli," lanjutnya.