Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Putuskan RI Sudah Endemi Covid-19, Segera Diumumkan

Ezra Sihite
14 June 2023 13:55

Sambutan Presiden Jokowi Pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian, Senin (15/5/2023). (Tangkapan Layar YoutubeSekretariat Presiden)
Sambutan Presiden Jokowi Pada Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian, Senin (15/5/2023). (Tangkapan Layar YoutubeSekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah memang memutuskan bahwa Indonesia sudah masuk dalam tahap endemi Covid-19. Hal itu sudah dibahas dan akan diumumkan secara resmi dalam satu dua pekan lagi.

"Kita kemarin rapat dan sudah kita putuskan akan masuk ke endemi tapi akan kita putuskan dan kita umumkan seminggu dua minggu ini. Insya Allah bulan ini," kata Presiden Jokowi ditemui di Jakarta usai menghadiri acara Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah, Rabu (14/6/2023).

Jokowi mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan tahap pandemi sudah akan masuk ke endemi tersebut. Misalnya jumlah kasus yang penambahannya semakin minim. Begitu juga dengan kasus aktif yang dianggap terkendali. Selain itu vaksinasi yang cukup tinggi angka realisasinya.

"Ini yang nanti akan didetailkan jumlah kasus misal 2 hari lalu hanya (tambah) 117 dan kasus aktif 10.200-an, vaksinasi kita juga sudah di atas 452 juta dosis dan lainnya," kata dia lagi, dikutip dari kanal Sekretariat Presiden.

Diketahui pada akhir pekan Satgas Covid-19 juga sudah mengeluarkan edaran protokol baru pendemi menuju endemi yang mana penggunaan masker tak lagi diwajibkan di angkutan umum.