Logo Bloomberg Technoz

Harga Acuan Gula Segera Naik Rp15.500/kg di Tingkat Konsumen

Rezha Hadyan
14 June 2023 13:05

Pekerja memasukkan gula ke dalam karung. (Dok. Bloomberg)
Pekerja memasukkan gula ke dalam karung. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah bakal menaikkan harga acuan pembelian dan penjualan (HAP) gula kristal putih (GKP) alias gula konsumsi, baik di tingkat petani atau produsen maupun di tingkat konsumen.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi menyebut revisi HAP gula masih menunggu keputusan akhir di tingkat rapat koordinasi terbatas (rakortas), seusai arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Akan tetapi, dia mengungkapkan, sejauh ini pemerintah telah mengantongi kemungkinan besaran HAP yang baru, sesuai dengan rekomendasi dari petani dengan menimbang biaya pokok produksi (BPP) saat ini.

“[Berdasarkan hasil] diskusi dengan petani, angkanya [HAP akan menjadi] Rp12.000—Rp12.500 per kg di pabrik gula [tingkat hulu]. Di hilirnya [tingkat konsumen] menjadi Rp14.500—Rp15.500 per kg,” ujar Arief saat ditemui di Kompleks Parlemen, Selasa (13/6/2023).

Dia menambahkan usulan HAP baru tersebut akan dibahas di rakortas, dan hasilnya akan segera diajukan kepada Presiden untuk kemudian ditetapkan secara hukum dalam waktu dekat.