Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian, harga emas masih belum lepas dari tren penurunan. Dalam sepekan terakhir, harga masih turun 0,86% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga anjlok lebih dari 3%.

Harga Emas di Pasar Spot (Sumber: Bloomberg)

Permintaan Emas India Melonjak

Ke depan, kenaikan harga emas bisa ditopang oleh permintaan di India. World Gold Council mencatat penjualan emas perhiasan di India bisa mencapai rekor tertinggi.

Mengutip Bloomberg News, PR Somasundaram, CEO World Gold Council untuk India, memperkirakan penjualan emas perhiasan di negara tersebut bisa naik lebih dari 20% untuk kemudian melampaui rekor sebelumnya yaitu 119,5 ton yang tercipta pada 2019.

Harga emas di India sudah naik hampir 20% dalam setahun terakhir, lebih dari 2 kali lipat kenaikan harga emas internasional.

Emas adalah investasi yang populer di India, terutama di wilayah perdesaan. Petani biasanya membeli emas pada musim panen untuk investasi, karena sulitnya akses ke layanan perbankan.

Penjualan emas perhiasan di India melonjak sekitar 25% pada kuartal I-2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 35 ton.

(aji)

No more pages