Logo Bloomberg Technoz

“Angka tersebut merupakan level tertinggi sejak 26 Juli 2021 atau menyentuh level tertinggi sejak dua tahun terakhir. Bitcoin Dominance merupakan ukuran persentase dari nilai pasar Bitcoin di dalam total kapitalisasi pasar seluruh kripto yang ada,” jelas Panji.

Kemudian, saran Panji, investor aset kripto harus tetap menantikan rilis data ekonomi AS pada minggu ini. Adapun pada Kamis Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan merilis hasil FOMC terkait bagaimana langkah selanjutnya pada kebijakan suku bunga acuan.

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Data CME FedWatch Tool yang terbit pada Selasa, memproyeksikan probabilitas suku bunga akan tetap 5,00%-5,25% mencapai 80,4%. Kemudian sisanya, 19,6% probabilitas menyatakan suku bunga akan naik 25 bps menjadi 5,25%-5,50% pada Juni.

Pada Jumat investor aset kripto juga akan mencermati beberapa data ekonomi AS penting lainnya seperti, klaim pengangguran (Initial Jobless Claims), penjualan ritel, dan manufaktur AS di mana data tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap pergerakan USD dan Bitcoin.

Industri Aset Kripto

Sejumlah regulasi, peraturan dan tindakan yang dilakukan otoritas AS yang menghantui pergerakan aset kripto menyebabkan terjadinya pergeseran Bitcoin ke Asia.

Asia telah mengalami perkembangan peraturan yang positif, dimulai dengan “Ramah-nya” Hong Kong untuk pasar aset kripto di Asia pada awal Juni 2023 ini.

Menurut Panji, pergeseran ini terbukti melalui perubahan pasokan Bitcoin dari tahun ke tahun yang melacak jumlah Bitcoin yang dipegang oleh entitas regional.

Data menurut perusahaan analitik on-chain Glassnode, menunjukkan sejak pertengahan 2022 hingga saat ini, jumlah pasokan Bitcoin yang dimiliki dan diperdagangkan pada entitas AS telah menurun lebih dari 11%.

ilustrasi gedung perkantoran di Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

Sementara itu, pada pasar Eropa naik sebesar 1,1%. Adapun pasokan Bitcoin yang dipegang oleh entitas di Asia meningkat mencapai angka 9,9% sejak pertengahan 2022, menjadi rekor tertinggi sepanjang masa. 

“Mulainya berbagai peraturan ramah aset kripto di kawasan regional, dan sikap regulator AS yang memperketat industri aset kripto menjadi pendorong utama perpindahan pasokan Bitcoin ke Asia,” pungkasnya.

(fad/ezr)

No more pages