Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Serbu Lelang SUN Cetak Angka Tertinggi Selama 2023

Ruisa Khoiriyah
13 June 2023 17:20

Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)
Ilustrasi uang Rupiah. (Photo By wirestock via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah kewaspadaan para pemodal global menanti data inflasi Amerika dan hasil rapat FOMC Federal Reserve, ajang lelang Surat Utang Negara (SUN) hari ini tetap dibanjiri investor dengan mencetak rekor nilai penawaran tertinggi sepanjang tahun.

Kementerian Keuangan RI melaporkan, nilai penawaran masuk dalam lelang SUN hari ini mencapai Rp76,24 triliun, tertinggi selama gelar lelang Surat Berharga Negara digelar sejak awal 2023. 

Investor asing mencatat nilai penawaran masuk di angka rekor tertinggi selama 2023, yakni sebesar Rp19,16 triliun. Jauh meningkat dibanding gelar lelang sebelumnya di mana nonresiden mencetak incoming bids Rp6,88 triliun. 

"Investor sudah mulai price-in bahwa The Fed akan mempertahankan bunga acuan pada FOMC pekan ini di tengah indikator ekonomi Amerika yang mulai diwarnai pelemahan. Itu yang mendorong peningkatan minat investor dalam gelar lelang hari ini," jelas Deni Ridwan, Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan RI pada Bloomberg Technoz, Selasa sore (13/6/2023).

Tenor panjang jadi incaran

Para peserta lelang SUN hari ini kebanyakan menyerbu SUN tenor lebih panjang yaitu 10 tahun dan 15 tahun dengan total penawaran masuk untuk dua seri itu mencapai Rp43,1 triliun atau 57% dari total incoming bids.