Logo Bloomberg Technoz

Inilah Logo HUT ke-78 RI Pilihan Jokowi dan Maknanya

Fransisco Rosarians Enga Geken
13 June 2023 16:00

Logo HUT RI ke-78 (Dok. Sekretariat Negara)
Logo HUT RI ke-78 (Dok. Sekretariat Negara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah telah menentukan tema dan logo Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, tahun ini. Kementerian Sekretariat Negara pun merilis logo yang menampilkan usia ke-78 yang berdampingan dengan tema 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.'

“Ini adalah logo yang dipilih oleh bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di hadapan perwakilan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, Senin (12/6/2023).

Pada bagian usia, Logo ini menampilkan angka 7 dengan desain solid berwarna merah; sedangkan angka 8 dibuat dari lima garis yang melengkung seolah tak terputus. Tulisan tema menggunakan warna hitam tegas yang tersusun di sisi kanan usia kemerdekaan.

Kesatuan logo, kata Heru, mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan. Logo ini pun disebut memiliki makna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Sebagai Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Heru pun mulai meminta seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah untuk menggencarkan penggunaan logo di berbagai media sosialisasi masing-masing.