Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Ungkap Syarat Indonesia Jadi Negara Maju di 2045

Yunia Rusmalina
13 June 2023 14:40

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut salah satu indikator sukses untuk menuju status menjadi negara maju adalah sektor keuangan yang harus semakin maju dan beragam. Namun saat ini menurut nya, sektor keuangan di Indonesia masih belum berkembang secara cepat dan masih sangat dangkal.  

Menurutnya saat ini sektor keuangan di Indonesia masih didominasi oleh perbankan, sehingga tidak menggambarkan keseluruhan kebutuhan untuk menciptakan perantara keuangan (financial intermediary) yang baik.

"Bapak Presiden sering sampaikan visi Indonesia 2045, (tapi) sektor keuangan di Indonesia belum mampu berkembang secara cepat dan masih sangat dangkal," kata Sri Mulyani dalam acara Sosialisasi UU PPSK di Brilian Club, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Lebih lanjut, jika dikaitkan dengan indikator sukses untuk menuju Indonesia Emas 2045 yakni sektor keuangannya harus semakin maju dan beragam.

"Jadi kalau mau bicara indikator sukses, Pada saat 2045 atau menuju 2045 sektor keuangan harus semakin advance (maju), semakin dalam, makin likuid, makin diverse (beragam)," katanya.