Logo Bloomberg Technoz

Akibat El Nino, Kekeringan Lahan Pangan RI Bisa Naik 300%

Rezha Hadyan
13 June 2023 14:50

Lahan pertanian mengering akibat cuaca panas ekstrem. (Dok Bloomberg)
Lahan pertanian mengering akibat cuaca panas ekstrem. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memperingatkan fenomena badai panas El Nino berisiko menyebabkan kekeringan terhadap luas lahan pertanian di Indonesia bahkan mencapai lebih dari empat kali lipat atau 300% dari kondisi normal.

“Setiap kejadian El Nino ekstrem berpotensi menyebabkan kekeringan 560.000—870.000 hektare [ha], sedangkan pada tahun normal hanya 200.000 ha,” ujarnya di sela rapat kerja bersama Komisi IV DPR RI, Selasa (13/6/2023).

Tidak hanya kekeringan, risiko El Nino terhadap ketahanan pangan Indonesia berasal dari faktor lain seperti kebakaran lahan pertanian, gagal panen, serta peningkatan intensitas serangan hama penyakit tanaman.

Dengan demikian, Syahrul menggarisbawahi upaya ekstra untuk mengantisipasi dampak dari penurunan kapasitas produksi pangan menjadi hal yang sangat urgen bagi Indonesia saat ini.  

Dia mengelaborasi beberapa upaya yang dilakukan Kementan untuk mengantisipasi El Nino a.l. mengidentifikasi dan memetakan lokasi kekeringan, mempercepat musim taman untuk mengejar sisa musim hujan, serta meningkatkan ketersediaan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk percepatan tanam.