Logo Bloomberg Technoz

Luhut: Pemerintah Akan Persulit Akses Mobil yang Masih Pakai BBM

Rezha Hadyan
13 June 2023 14:00

Sejumlah kendaraan mengatre akibat kemacetan di kawasan Jenderal Sudirman, Selasa (21/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Sejumlah kendaraan mengatre akibat kemacetan di kawasan Jenderal Sudirman, Selasa (21/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah dalam waktu dekat akan membatasi ruang gerak mobil konvensional yang masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

“Kita secara bertahap akan mulai 'mempersulit', ya dalam tanda kutip, mobil-mobil combustion [mesin yang menggunakan BBM atau mesin konvensional],” katanya saat membuka acara peluncuran Battery Asset Management Service (BAMS) di Kantor Kemenko Marves, Senin (12/6/2023).

Sayangnya, Luhut tidak mendetailkan seperti apa mekanisme pembatasan mobil konvensional yang akan diterapkan. Namun, ada kemungkinan pembatasan tersebut akan dimulai di Jakarta agar tingkat polusi udara bisa dikurangi.

Seperti diketahui, belakangan ini kondisi udara di Jakarta tergolong tidak sehat. Bahkan, Ibu Kota masuk dalam 10 besar kota dengan tingkat polusi tertinggi di menurut situs pemantauan kualitas udara IQAir.

“Dengan demikian, air quality Jakarta bisa lebih baik, sehingga keluarga kita akan mendapat air quality seperti mungkin di negara tetangga kita," ujar Luhut.