Logo Bloomberg Technoz

Jawab Gugatan SEC, Coinbase Dorong Pembuatan UU Kripto AS

News
13 June 2023 15:40

Coinbase (Sumber: Bloomberg)
Coinbase (Sumber: Bloomberg)

Yueqi Yang - Bloomberg News

Bloomberg, Coinbase Global Inc. menyatakan pihaknya akan mendorong solusi aturan hukum legislasi atau undang-undang terkait aturan kripto, berangkat dari gugatan yang dilayangkan Komisi Sekuritas dan Bursa atau Securities and Exchange Commission (SEC), menurut kepala hukum perusahaan. Regulator tersebut  menuduh bahwa perusahaan beroperasi dalam lingkup sekuritas namun tidak terdaftar.

“Saat kami mengelola litigasi, kami bersemangat untuk terlibat dalam solusi legislatif yang mendesak,” kata Paul Grewal pada konferensi investor hari Senin. “Kami pikir pengadilan dapat dan harus memutuskan bahwa kasus ini tidak memiliki manfaat hukum dan itu akan menjadi akhir dari kasus ini.”

Chief legal officer Biannce, Paul Grewal. (dok Bloomberg)

Kalau pengadilan tidak menyetujui, kasus akan dilanjutkan melalui proses penemuan dan mungkin saja terjadi proses peradilan, kata Grewal. Sementara pihaknya berharap rancangan aturan yang mengakomodir masalah ini dapat diajukan ke DPR Amerika Serikat (AS) pada akhir musim panas.

SEC pekan lalu terus mendorong aturan ketat atas industri kripto di negeri Paman Sam. Terjadi upaya kepada  Binance Holdings, juga Coinbase, bahwa dilayangkan tuduhan bahwa perusahaan bertindak sebagai bursa, broker-dealer, dan lembaga kliring. Keseluruhan fungsi ini tanpa ada registrasi ke agensi untuk peran apa pun. Coinbase telah membantah tuduhan tersebut.