Logo Bloomberg Technoz

Jelang Uji Coba, Kereta Cepat Sudah Beroperasi 220 Km Per Jam

Fransisco Rosarians Enga Geken
13 June 2023 14:30

Kereta cepat Jakarta hingga Bandung. (dok kcic.co.id)
Kereta cepat Jakarta hingga Bandung. (dok kcic.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus menggenjot sejumlah persiapan sebelum pelaksanaan uji coba publik dan operasi komersial Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Salah satunya adalah penyempurnaan prasarana untuk peningkatan laju kereta dari 180 km/jam menjadi 220 km/jam.

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, pihaknya sedang fokus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan testing and commisioning KCJB secara internal. Hal ini dilaksanakan oleh Kontraktor KCJB. Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian.

“Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km/jam. Hal ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi,” ujar Emir dalam keterangannya, Selasa (13/6/2023).

Pengujian dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Laju Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam.

Selain itu, kata Emir, KCIC secara paralel terus melanjutkan proses sertifikasi bersama dengan Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Perusahaan pelat merah tersebut berharap segera mendapat izin operasi KCJB dari pemerintah. 

Kereta cepat Jakarta hingga Bandung. (dok kcic.co.id)