Logo Bloomberg Technoz

Besok Ada Lelang SUN Sampai Rp22,5 T, Investor Mungkin Hati-Hati

News
12 June 2023 16:50

Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan kembali menggelar lelang Surat Utang Negara (SUN/INDOGB) dengan target hingga Rp22,5 triliun di tengah mood investor yang dibayangi arah pergerakan bunga acuan Federal Reserve yang dijadwalkan akan menggelar rapat FOMC pekan ini. 

Investor mungkin akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan walau secara umum permintaan investor terhadap obligasi pemerintah masih cukup tinggi sejauh ini. Tingkat imbal hasil (yield) INDOGB-10 tahun pada tengah siang hari ini terpantau lebih rendah di mana penurunan terbanyak dialami oleh INDOGB-2 tahun yang turun 3,9 bps ke 5,673%.

Kementerian Keuangan RI menyatakan, lelang SUN akan digelar esok, 13 Juni dengan target indikatif Rp15 triliun dan target maksimal Rp22,5 triliun. Ada tujuh seri SPN dan SUN yang ditawarkan dalam lelang, kesemuanya reopening. 

Target maksimal yang dipatok dalam lelang SUN esok tercatat lebih rendah dibandingkan lelang sebelumnya sebesar Rp25 triliun

Berkaca pada gelar lelang SUN terakhir pada 29 Mei lalu, pemerintah diperkirakan juga akan menyerap nilai minimal dari penawaran yang masuk. Pada lelang bulan lalu, nilai penawaran masuk mencapai Rp58,44 triliun di mana pemerintah cuma menyerap tak sampai separuhnya yaitu Rp15 triliun.