Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Sukuk Wakaf Ritel yang Mulai Ditawarkan Pekan Ini

Ruisa Khoiriyah
12 June 2023 15:16

Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)
Ilustrasi Investasi. (Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah sukses menggelar peluncuran berbagai jenis Surat Berharga Negara (SBN) ritel yang berhasil menarik banyak minat pemodal untuk menanamkan dana, pekan ini pemerintah bersiap-siap membuka penawaran SBN ritel lagi dengan jenis baru. Bagi para investor ritel atau pemula yang tengah mencari pilihan instrumen penempatan dana dan ingin kekayaan yang dimiliki bisa berdampak sosial,  mungkin SBN syariah ritel satu ini bisa menjadi pilihan.

Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan RI Dwi Irianti Hadiningdyah mengatakan, pekan ini pemerintah akan meluncurkan masa penawaran untuk produk SBN syariah ritel terbaru yaitu Sukuk Wakaf Ritel (SWR) atau disebut juga Cash Waqf Linked Sukuk Ritel (CWLS Ritel).

"Minggu depan kita launching," katanya pada Bloomberg Technoz, Selasa pekan lalu (6/6/2023).

Sukuk wakaf ritel akan menjadi seri SBN keempat yang ditawarkan pada masyarakat tahun ini. Bila dibandingkan dengan sukuk ritel (Sukri) atau obligasi ritel (ORI), bahkan bila dibandingkan saving bond ritel (SBR) dan sukuk tabungan, sukuk wakaf terbilang cukup baru dikenal di kuping khalayak, terlebih bagi pemula dalam berinvestasi.

Tiga seri SBN ritel sudah diterbitkan hingga Mei 2023 dan menarik minat investor cukup tinggi (Div. Riset Bloomberg Technoz)

Mengacu pada penjelasan Kemenkeu, sukuk wakaf pada dasarnya adalah investasi wakaf uang pada sukuk negara yang imbalannya disalurkan oleh Nazhir (pengelola dana dan kegiatan wakaf) untuk membiayai program sosial dan pemberdayaan ekonomi umat.