Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Hemat Anggaran Rp2,1 T Lewat Efisiensi Kemenkeu

Krizia Putri Kinanti
12 June 2023 11:30

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani saat Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR. (Tangkapan Layar TV Parlemen via Youtube DPR)
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani saat Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR. (Tangkapan Layar TV Parlemen via Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim mampu menghemat anggaran hingga Rp2,12 triliun dari upaya efisiensi yang dijalankan oleh Kementerian Keuangan selama tahun 2020 hingga 2023.

Sri Mulyani mengatakan berbagai langkah reorganisasi, dan perbaikan birokrasi telah dijalankan Kementerian Keuangan selama tiga tahun terakhir lewat penerapan pola kerja baru. 

"Pola kerja yang baru ini dari mulai mengendalikan belanja, perjalanan dinas, pembayaran belanja pegawai secara terpusat, implementasi ruang kerja yang di-share dan juga konsolidasi pengadaan laptop melalui e-katalog, dan digitalisasi dari proses bisnis," kata Sri Mulyani dalam rapat dengar pendapat dengan DPR, Senin (12/6/2023).

Salah satu upaya efisiensi yang ditempuh, kata Sri Mulyani adalah pengurangan pertumbuhan pegawai Kemenkeu yang semula sebanyak 82.648 pegawai menjadi 78.520 pegawai.

"Kita juga terus melakukan kolaborasi antar unit dan kebijakan pengurangan pertumbuhan pegawai, penggunaan sarana dan prasaran optimal yang bisa di-share sehingga tidak lagi ada ruang rapat yang dikavling untuk satu Direktur atau satu Dirjen, namun bisa dibagi," kata Sri Mulyani.