Logo Bloomberg Technoz

Kurangi Ketergantungan Impor Minyak, China Bor Laut Dalam

News
12 June 2023 11:00

Produksi minyak (Sumber: Bloomberg)
Produksi minyak (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Hamparan beton seukuran Monako yang menjorok ke garis pantai selatan China merupakan gambaran mengagumkan dari upaya Beijing memperlambat ketergantungannya yang semakin besar pada minyak impor.

Lebih dari 15.000 pekerja bisa berada di lokasi di Zhuai, tak jauh dari Macau, di waktu yang bersamaan. Dijalankan oleh sebuah unit dari China National Offshore Oil Corp. (CNOOC), mereka telah menciptakan sebuah platform produksi untuk digunakan di ladang minyak lepas pantai China.

Dorongan pengeboran laut dalam muncul karena sumur darat China yang sudah menua, dan penggunaan energi yang melampaui batas memaksa China menjadi semakin bergantung pada minyak mentah asing. Pengimpor minyak terbesar dunia tersebut mendapatkan lebih dari 70% pasokannya dari luar negeri dibandingkan dengan kurang dari 10% saat pergantian milenium. 

Grafik impor minyak China. (Sumber: Bloomberg)

Dengan basis industri yang luas dan ambisi laut dalamnya, CNOOC, salah satu dari tiga perusahaan minyak utama milik China, sedang menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan teknologi pengeboran yang saat ini didominasi oleh perusahaan minyak barat. Namun, mendorongnya ke perairan yang menjadi rebutan negara tetangga China juga membuatnya bertentangan dengan pemerintah Amerika Serikat (AS).