Logo Bloomberg Technoz

Tak Sehat, Kualitas Udara Kota Jakarta Terburuk ke-6 di Dunia

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 June 2023 09:50

Parameter kualitas udara di Jakarta. (tangkapan layar iqair.com)
Parameter kualitas udara di Jakarta. (tangkapan layar iqair.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kualitas udara di Jakarta semakin buruk hari ini. Berdasarkan data pantauan IQAir, pagi ini indeks kualitas udara di Kota Jakarta mencapai angka 154 atau dalam kategori tidak sehat. 

Indeks kualitas udara ini menempatkan Jakarta menjadi Negara dengan polusi udara terburuk nomor urut ke-6 di dunia. Buruknya udara Jakarta setara dengan Ibu Kota Israel, Tel Aviv-Yafo pada posisi ke-5. Hanya berbeda satu angka dengan posisi ke-3 dan ke-4 yaitu Kota Baghdad, Irak; dan Lahore, Pakistan dengan indeks mencapai 155.

Pada posisi pertama ditempati Kota Dubai, Uni Emirat Arab dengan indeks IQAir mencapai 161. Sedangkan posisi kedua adalah Ibu Kota India, New Delhi dengan angka 157. 

Berdasarkan data yang sama, polutan utama pada udara Kota Jakarta adalah PM2.5 yang mencapai 60,5 mikrogram per meter kubik. PM2.5 sendiri adalah partikel yang tersebar di udara dengan ukuran sama atau di bawah 2,5 mikrometer. Selain itu SO2 atau sulfur dioksida yang mencapai 14,4mikrogram per meter kubik.

Berdasarkan standar organisasi kesehatan dunia atau WHO, angka PM2.5 Kota Jakarta lebih tinggi hingga 12,1 kali dari kondisi wajar atau aman.

Parameter kualitas udara di Jakarta (Tangkapan layar iqair.com)