Logo Bloomberg Technoz

'Greedflation' Picu The Fed Pertahankan Suku Bunga Tinggi

News
12 June 2023 08:22

Ilustrasi Greedflation. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Greedflation. (Sumber: Bloomberg)

Simon White - Bloomberg News

Bloomberg - Laba perusahaan yang melonjak merupakan bagian besar dari masalah inflasi. Sehingga, mempertahankan suku bunga tinggi adalah cara terbaik untuk mengendalikannya, menurut jajak pendapat terbaru Bloomberg terhadap investor profesional dan ritel.

Sekitar 90% dari 288 responden dalam survei Markets Live Pulse mengatakan, perusahaan di kedua sisi Atlantik telah menaikkan harga yang melebihi biaya mereka sendiri sejak pandemi dimulai pada tahun 2020. Hampir empat dari lima mengatakan bahwa kebijakan moneter yang ketat adalah hal yang tepat untuk mengatasi inflasi yang didorong oleh laba.

Grafik 'Greedflation'. (Sumber: Bloomberg)

Salah satu serangan inflasi terburuk dalam beberapa dasawarsa telah memicu rangkaian tuntutan penjelasan, dengan rantai pasokan yang rusak, pengeluaran pemerintah yang besar, dan kenaikan upah, semua menjadi penyebabnya. Namun, lonjakan markup perusahaan merupakan penyebab potensial lain yang patut mendapat perhatian, seperti sekarang.

Margin melonjak di tahun-tahun awal pandemi, dan telah menentang konvensi dengan berada di titik yang tinggi secara historis sejak saat itu. Hal tersebut menimbulkan dua pertanyaan kunci: Apakah laba yang lebih besar membantu mempertahankan inflasi, dan jika demikian, apa yang harus dilakukan? Ini adalah bagian dari perdebatan yang lebih luas tentang apakah jenis tekanan harga yang berbeda memerlukan alat yang berbeda pula untuk mengatasinya, alih-alih satu jenis tanggapan untuk tingkat suku bunga yang lebih tinggi.