Logo Bloomberg Technoz

Apa Kata Ahli tentang Bahaya Asap Kebakaran Hutan Bagi Kesehatan

News
11 June 2023 17:40

Bangunan diselimuti asap dari kebakaran hutan Kanada di Jembatan Manhattan, New York, AS, Selasa (6/65/2023). (Victor J. Blue/Bloomberg)
Bangunan diselimuti asap dari kebakaran hutan Kanada di Jembatan Manhattan, New York, AS, Selasa (6/65/2023). (Victor J. Blue/Bloomberg)

Kendra Pierre-Louis - Bloomberg News - 

Bloomberg, Saat kabut asap tebal dari ratusan kebakaran hutan Kanada menyesaki ruang udara sebagian besar Amerika Utara minggu ini, jutaan orang didesak untuk tetap berada di dalam rumah, menyalakan penyaring udara filter HEPA, dan keluar hanya dengan masker wajah berkualitas tinggi. Asap kebakaran, bahaya musiman di beberapa bagian AS, dalam semalam menjelma menjadi masalah semua orang.

“Ini berisiko bagi kesehatan kita,” kata Christine Wiedinmyer, direktur asosiasi sains di Cooperative Institute for Research in Environmental Sciences di University of Colorado Boulder.

“Semuanya mulai dari efek pernapasan seperti asma hingga hasil kardiovaskular. Ada bukti bahwa wanita yang terpapar asap api selama kehamilan secara statistik memiliki berat badan lahir bayi yang lebih rendah."

Di banyak kota di Amerika Utara, beberapa tingkat polusi udara rutin terjadi, baik dari bahan bakar fosil, emisi kendaraan, gas alam yang digunakan untuk pemanas, atau asap dari produksi bahan kimia. Tapi asap api sangat buruk bagi manusia, dan itu berkaitan dengan ukuran partikel yang terlibat dan terbuat dari apa partikel itu.