Logo Bloomberg Technoz

Francois Pinault adalah triliuner yang mengawali capaiannya sebagai salah satu manusia terkaya sejagat melalui bisnis barang mewah dan bermerek. Ia membangun kerajaan bisnis barang mewah dengan brand Kering. 

Pinault memiliki kekayaan bersih senilai US$ 39,3 miliar. Mengacu pada kurs JISDOR Bank Indonesia 9 Juni sebesar Rp14.853/US$, nilai kekayaan itu setara dengan Rp583,72 triliun. Nilai kekayaan luar biasa itu menempatkan Pinault sebagai orang terkaya nomer 31 dunia dalam daftar Bloomberg Billionaires. 

Pinault membeli klub sepak bola Prancis Rennes pada 1998 dan anaknya yang bernama Francois-Henri Pinault yang kini menjadi CEO Kering, kini mengawasi klub tersebut. 

2. Jim Ratcliffe

Dengan kekayaan bersih senilai US$ 15,9 miliar, setara Rp236,16 triliun, Ratcliffe tercatat sebagai orang terkaya nomer 107 sejagat. Triliuner yang membangun kerajaan bisnis dari sebuah perusahaan manufaktur Ineos itu tercatat sebagai pemilik klub sepak bola Prancis, Nice dan Lausanne.

Ratcliffe juga mengincar pembelian saham Manchester United. Selain sepak bola, Ratcliffe juga tercatat memiliki klub sepeda, layar dan tim motorsport. 

3. Stanley Kroenke

Orang terkaya di dunia urutan 120 dengan nilai kekayaan Rp221,30 triliun ini tercatat sebagai pemilik klub bola terkemuka Arsenal. Kroenke adalah triliuner asal Amerika yang membangun kerajaan bisnisnya melalui bisnis properti.

Bukan hanya Arsenal, Kroenke juga memiliki investasi di klub sepak bola di liga Amerika NFL yaitu Los Angeles Rams dan klub basket NBA Denver Nuggets. 

Kroenke menjadi pemilik penuh Arsenal pada 2018 melalui Kroenke Sports & Entertainment.

4. Silvio Berlusconi 

Mantan perdana menteri Italia ini mencatatkan diri sebagai orang terkaya nomor 305 di dunia dengan nilai kekayaan sekitar US$ 7,4 miliar atau setara Rp109,91 triliun. 

Berlusconi tercatat sebagai pemilik Monza, klub bola Italia. Triliuner ini tercatat sebagai sosok paling berpengaruh di jagat sepak bola di Italia melalui bisnis medianya. 

Sebelum Monza, Berlusconi adalah pemilik klub legendaris AC Milan sejak 1980 sampai 2017 lalu. Lima tahun lalu ia menjual sahamnya di Rossoneri dan mengakuisisi Monza setahun setelahnya.

5. Rocco Commisso

Orang super kaya Italia dengan nilai kekayaan sekitar mencapai Rp108,4 triliun dan tercatat sebagai orang terkaya nomor 312 sejagat.

Comisso adalah crazy rich yang mengawali karir sebagai bankir dan berhasil membangun kerajaan bisnis melalui bisnis tv kabel. Dengan kekayaannya yang luar biasa, ia kini tercatat sebagai pemilik klub sepak bola Fiorentina dan New York Cosmos.

Liverpool vs Manchester United (Bloomberg)

6. Dan Friedkin

Pemilik AS Roma, klub sepak bola besar asal Italia. Nilai kekayaan Friedkin mencapai US$ 7,1 miliar. Ia tercatat sebagai CEO Friedkin Group, konsorsium bisnis yang didirikan oleh ayahnya yang menguasai distribusi Toyota. 

Friedkin menjadi pemilik dan presiden AS Roma pada 2020.

7. Joe Lewis

Pebisnis asal Inggris dengan nilai kekayaan ditaksir mencapai US$ 6,2 miliar atau setara Rp92,08 triliun ini memiliki saham mayoritas di Tottenham Hostpur, klub sepak bola Inggris.

Lewis membangun kekayaan dari bisnis trading valas dan investasi di real estate, restoran dan resort.

8. Aiyawatt Srivad-Dhanaprabha

Aiyawatt Srivaddhanaprabha adalah CEO King Power International Group, perusahaan yang bergerak di barang dutyfree, terbesar di Thailand. 

Triliuner asal Thailand ini ditaksir memiliki kekayaan bersih senilai US$ 2,6 miliar dan tercatat sebagai pemilik Leicester City, klub sepak bola Inggris sejak 2010. Dia mengambil peran utama di klub tersebut setelah ayahnya meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada 2018.

9. Bill Foley

Foley tercatat sebagai pemilik klub sepak bola Amerika Serikat Vegas Golden Knights. Desember lalu, crazy rich yang ditaksir memiliki kekayaan bersih senilai US$ 1,4 miliar itu mengakuisisi Bournemouth, klub sepak bolah Inggris seharga £120 juta.

(rui)

No more pages