Logo Bloomberg Technoz

Sembilan Orang Terkaya Dunia Menguasai Klub Sepak Bola Eropa

Ruisa Khoiriyah
11 June 2023 09:10

Francois Pinault, pendiri Kering Group, perusahaan pemilik merek Gucci (Bloomberg)
Francois Pinault, pendiri Kering Group, perusahaan pemilik merek Gucci (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manchester City berhasil melibas raksasa sepak bola Italia Inter Milan dalam laga paling prestisius Liga Champions dengan skor 1-0 dan mengukuhkan treble winners tahun ini. 

Capaian bersejarah itu menjadikan klub yang dimiliki oleh The City Footbal Group (CFG), perusahaan yang disokong pemerintah Uni Emirat Arab dengan nama Sheikh Mansour dikenal sebagai pentolan, sebagai penguasa baru jagat sepak bola di Eropa. 

Sepak bola sudah lama berhenti menjadi sekadar permainan 22 pemain berusaha mengegolkan bola bundar ke gawang. Sepak bola saat ini sudah menjadi arena pertarungan kaum super kaya dunia juga negara-negara dengan pendapatan seakan tidak ada habis, berebut prestise dan tentu saja menjaring cuan besar.

Sepak bola di Eropa sebagai salah satu barometer penting persepabokbolaan dunia berhamburan nama triliuner dunia tercatat sebagai pemiliknya.

Berikut ini nama-nama triliuner yang mencatatkan diri sebagai pemilik klub sepak bola di Eropa seperti dilansir dari Bloomberg News.

A Sky Sports camera operator, left, films during Sky's television coverage of the soccer match between Manchester City and Liverpool (Bloomberg)

1. Keluarga Pinault