Logo Bloomberg Technoz

City Raih Treble Winners, Siapa Sesungguhnya Penguasa Klub Bola?

News
11 June 2023 07:07

A Sky Sports camera operator, left, films during Sky's television coverage of the soccer match between Manchester City and Liverpool (Bloomberg)
A Sky Sports camera operator, left, films during Sky's television coverage of the soccer match between Manchester City and Liverpool (Bloomberg)

- Bloomberg News -

Bloomberg, Manchester City berada di titik puncak untuk membuktikan bahwa mereka sekarang menjadi kekuatan dominan di persepakbolaan Eropa. Klub bola asal Inggris ini keluar sebagai juara Liga Champions, liga bergengsi klub-klub bola kesohor di Eropa mengalahkan raksasa Italia Inter Milan. 

City menahbiskan nama dalam sejarah dengan meraih Treble Winners tahun ini dengan sekaligus menjuarai Premier League, Piala FA dan Liga Champions.

Kembali pada 2007, investor dari Dubai berusaha membeli Liverpool tapi lalu dikalahkan rival dari Amerika Serikat. Pendekatan Timur Tengah utuk Manchester United juga ditolak oleh pemilik klub yang berbasis di Amerika, keluarga Glazer. Setahun kemudian, Abu Dhabi United Group for Development and Investment membeli Manchester City dari mantan perdana menteri Thailand dan berjanji akan membawa “pemain sepak bola terbaik di dunia” ke klub.

Tanpa tunggu lama, tambahkan setidaknya US$ 2 miliar untuk membeli pemain dan membangun fasilitas pelatihan terbaru, dan Manchester City menjadi klub pertama yang didukung perusahaan negara Uni Emirat Arab, menang dalam kompetisi klub paling terkenal di dunia. Kemenangan itu melengkapi kesepakatan golf yang mengejutkan minggu ini oleh Arab Saudi yang bekerja sama dengan PGA Tour, dan akan menggarisbawahi era baru di mana investor dengan kekayaan yang seperti tak ada habisnya menawar untuk menemukan tempatnya di olahraga global.