Logo Bloomberg Technoz

Peneliti AS Sebut Kutub Utara Memperburuk Darurat Kebakaran Hutan

News
10 June 2023 19:30

Laut Arktik (Sumber: Bloomberg)
Laut Arktik (Sumber: Bloomberg)

Danielle Bochove - Bloomberg News

Bloomberg - Ketika jutaan warga New York dan kota-kota besar Amerika Utara lainnya tersedak gumpalan asap tebal, mereka dapat menyalahkan lebih jauh sampai ke Kutub Utara daripada kebakaran hutan yang melanda Quebec.

Meningkatnya suhu di Kutub Utara berkontribusi pada kondisi cuaca yang membuat kebakaran hutan lebih mungkin terjadi, terutama di garis lintang yang lebih tinggi dan menengah, kata para ahli.

Pemanasan global melepaskan karbon dioksida ke atmosfer, meningkatkan suhu, yang membuat kekeringan dan meningkatkan risiko kebakaran hutan. Bagian atas bumi memanas lebih cepat daripada rata-rata global, dengan kecepatan empat kali lipat berdasarkan sejumlah perikiraan, dan kecepatan tersebut semakin cepat sementara es reflektif, yang melindungi bumi dari sebagian panas matahari, mencair dan membuat permafrost meleleh, melepaskan semakin banyak CO2.

Siberia, yang memiliki bentangan permafrost terbesar di dunia, saat ini sedang mengalami gelombang panas yang ekstrem, namun ada juga titik panas lainnya di Kutub Utara.