Logo Bloomberg Technoz

Banding Ditolak, Ekstradisi Julian Assange ke AS Makin Dekat

News
10 June 2023 18:00

Pendiri WikiLeaks Julian Assange. (Sumber: Bloomberg)
Pendiri WikiLeaks Julian Assange. (Sumber: Bloomberg)

Katharine Gemmell - Bloomberg News

Bloomberg - Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, telah gagal dalam upaya terbaru untuk mengajukan banding atas ekstradisinya ke Amerika Serikat (AS) setelah menghadapi tuduhan mata-mata.

Hakim Jonathan Swift menolak permohonan Assange untuk mengajukan banding dalam putusan yang disampaikan pada Jumat (09/06/2023). “Setelah mempertimbangkan setiap alasan banding yang diusulkan, saya tidak mempertimbangkan pengajuan apapun terhadap kasus yang dapat diperdebatkan dengan benar,” katanya.

Inggris menyetujui ekstradisi Julian Assange ke AS tahun lalu setelah pengadilan menandatangani keputusan tersebut. Assange, yang sudah mendekam di penjara atau di kedutaan Ekuador di London selama lebih dari satu dekade, dinyatakan kalah dalam serangkaian pertarungan hukum untuk tetap berada di Inggris. Ia ditahan di penjara London dengan keamanan tinggi.

Assange memiliki satu jalan lagi untuk melakukan banding di Inggris yang akan disidangkan pada Selasa (13/06/2023), setelah itu ia dapat beralih ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa. Sang istri, Steall Assange, memberikan informasi melalui Twitter bahwa persidangan lebih lanjut akan dilakukan.