Logo Bloomberg Technoz

Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan, pemerintah dan Jokowi juga akan memberikan apresiasi atau bonus kepada atlet peraih medali pada ASEAN Para Games Kamboja. Menurut dia, pemerintah bangga terhadap pencapaian para atlet difabel.

"Dengan perolehan prestasi ini, pemerintah memastikan bahwa para atlet ASEAN Para Games Indonesia mendapatkan apresiasi yang sama dengan atlet SEA Games sebelumnya," kata Angkie seperti dilansir Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jumat (9/6/2023).

Perolehan medali akhir ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. (Instagram Kemenpora)

Menurut dia, para atlet difabel Indonesia telah menembus dua rekor pada perhelatan ASEAN Para Games 2023. Pertama, kata dia, Indonesia mencetak hattrick atau juara umum tiga kali secara berturut pada ajang tersebut. Sebelumnya, Indonesia menjadi pemuncak klasemen pada ASEAN Para Games 2017 di Malaysia; dan ASEAN Para Games 2022 di Solo, Indonesia.

Selain itu, kata Angkie, kontingen Indonesia juga menembus target awal yang ditetapkan pemerintah pada ASEAN Para Games Kamboja. Sebelumnya, pemerintah hanya meminta para atlet bisa membawa pulang 297 medali yang terdiri dari 121 emas, 92 perak, dan 84 perunggu.

"Saat orang lain tak percaya atas kemampuan penyandang disabilitas, tapi atlet kita membuktikan bahwa mampu berprestasi mengharumkan bangsa Indonesia," ujar Angkie.

(frg)

No more pages