Logo Bloomberg Technoz

Instagram Dikabarkan Down: Penelusuran Downdector

Whery Enggo Prayogi
09 June 2023 14:10

Instagram (Sumber: Bloomberg)
Instagram (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Situs pemantau jaringan di banyak negara, Downdetector melaporkan aplikasi media sosial Instagram mengalami down di setidaknya pada 50 negara.

Data yang diterima oleh Downdetector terjadi mulai Jumat (9/6/2023) yang mencapai 3.009 laporan dan berlangsung hingga menjelang pukul 9 pagi. Namun, siang ini laporan atas gagal akses kembali meningkat.

Instagram bermasalah. (dok instimewa)

Berdasarkan data yang dihimpun, laporan mulai banyak masuk sejak pukul 10 pagi dan puncaknya terjadi pada tepat siang hari, dengan jumlah 3.017 laporan.

Downdetector menyediakan laman khusus pengaduan untuk banyak aplikasi populer di dunia. Data yang terpampang merupakan hasil laporan dalam 24 jam terakhir dan bersifat real time. Menu keluhan yang disediakan diantaranya; feed, profile, uploading, comments, sharing, posting, server convention, app, login, dan website.

Banyak keluhan yang dilaporkan dengan sasaran mayoritas pada aplikasi dan website penyedia platform, termasuk Instagram. Total keluhan berdasarkan persentase adalah aplikasi dan website masing-masing 42%, kemudian laman feed 16%.