Logo Bloomberg Technoz

Trump Didakwa Kasus Dokumen Rahasia, Terancam Hukuman Penjara

News
09 June 2023 12:15

Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)

Chris Strohm, Zoe Tillman dan Erik Larson - Bloomberg News

Bloomberg - Donald Trump telah didakwa atas penolakannya mengembalikan dokumen rahasia yang ditemukan di rumahnya di Florida, menurut tiga orang yang mengetahui masalah tersebut.

Dakwaan di pengadilan federa Miami merupakan hal yang luar biasa, karena seorang mantan presiden di Amerika Serikat (AS) tidak pernah didakwa melakukan kejahatan federal.

Hal ini hampir pasti akan membatalkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Republik di pemlu AS tahun depan. Dan artinya, Trump juga terancam hukuman penjara atau didiskualifikasi dari kemungkinan memegang jabatan publik tergantung dengan dakwaan jika ia terbukti bersalah.

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Tuntutan ini berisi tujuh dakwaan, termasuk penyimpanan informasi pertahanan nasinal yang disengaja, menyembunyikan dokumen secara korup, konspirasi untuk menghalangi keadilan, dan membuat pernyataan palsu, menurut seseorang yang tak mau disebut namanya yang mengetahui kasus tersebut. Dokumen tersebut kemungkinan akan dipublikasikan pada Jumat (09/06/2023) waktu setempat.