Logo Bloomberg Technoz

United Tractors (UNTR) Akuisisi Perusahaan Nikel Rp9 T

Dityasa Hanin Forddanta
09 June 2023 10:50

Kantor United Tractors. (dok perusahaan)
Kantor United Tractors. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Entitas grup Astra PT United Tractors Tbk (UNTR) hari ini menandatangani perjanjian jual beli atau share subscription agreement (SSA) untuk pengambilalihan 19,99% saham di Nickel Limited Industries. Akuisisi saham perusahaan tercatat di bursa saham Australia itu dilakukan melalui anak usaha UNTR, PT Danusa Tambang Nusantara.

Berdasarkan SSA, Nickel Limited akan menerbitkan 857 juta saham baru yang kemudian akan diserap oleh Danusa. Harga pelaksanaan penerbitan saham baru itu 1,10 dolar Australia/saham. Sehingga, nilai akuisisi sebesar 943 juta dolar Australia atau setara sekitar Rp9,38 triliun.

Penyelesaian transaksi tergantung pada pemenuhan prasyarat tertentu, termasuk persetujuan dari pemegang saham Nickel Limited.

"Akuisisi strategis saham minoritas di Nickel Industries merupakan langkah penting dalam diversifikasi bisnis kami. Langkah ini akan membangun strategi nikel terintegrasi dan ekspansi grup kami dalam rantai pasok kendaraan listrik," terang Presiden Direktur UNTR Fans Kesuma dalam keterbukaan informasi, Jumat (9/6/2023).

Perlu diketahui, meski berbasis di Australia, Nickel Limited memiliki aset utama di sekitaran wilayah Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi dan Indonesia Weda Bay Industrial Park di Halmahera.

Dok unitedtractors.com