Logo Bloomberg Technoz

Saham Dikuasai Dapen Sumitomo, Vale: Itu Mekanisme Pasar

Dityasa Hanin Forddanta
06 June 2023 12:05

Pekerja PT Vale Indonesia Tbk. (Dok Vale.com)
Pekerja PT Vale Indonesia Tbk. (Dok Vale.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manajemen PT Vale Indonesia Tbk (INCO) buka suara terkait dugaan kepemilikan saham oleh dana pensiun (dapen) Grup Sumitomo. 

Direktur Keuangan INCO Bernardus Irmanto mengatakan, pembelian saham INCO di bursa melalui mekanisme pasar. "Siapa pun bisa jual dan beli mengikuti aturan dan mekanisme bursa," ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Selasa (6/6/2023).

Sehingga, ia tidak bisa mengomentari terkait siapa yang memiliki floating saham sebesar 205 di pasar. Terlebih, porsi saham tersebut sudah diperdagangkan sejak lama.

"Saham tersebut diperdagangkan mulai 1990 berdasarkan surat yang dikeluarkan pemerintah RI. Maka, kemudian mekanismenya mengikuti mekanisme bursa," terang Bernardus.

Sebelumnya, Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Gerindra Bambang Haryadi menyebut, sebagian saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dikuasai oleh investor asing, khususnya dana pensiun Sumitomo. Kondisi ini ditengarai divestasi saham 11% tidak membuat negara punya kuasa terhadap Vale Indonesia.