Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tahun Depan Lengser, 10 Target Ini Sulit Tercapai

Ruisa Khoiriyah
06 June 2023 13:20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Saat Peluncuran Logo Nusantara, Istana Negara, 30 Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Saat Peluncuran Logo Nusantara, Istana Negara, 30 Mei 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masa kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo tinggal tersisa 16 bulan sebelum kelak presiden terpilih pada Pilpres 2024 dilantik pada Oktober 2024. Semakin mendekati tenggat akhir masa berkuasa, di pundak Jokowi masih ada cukup banyak target-target yang sayangnya kemungkinan besar akan gagal dicapai.

Kegagalan pencapaian target itu terutama di bidang pembangunan manusia, mayoritas terkait kesehatan anak, sebagaimana ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024.

Beberapa target terkait isu pembangunan manusia yang besar kemungkinan gagal diwujudkan oleh pemerintahan Jokowi di antaranya adalah target imunisasi dasar lengkap pada bayi, masalah stunting balita, lalu wasting (berat badan rendah) pada balita. Kemudian, kasus penyakit tuberkulosis (TBC), eliminasi penyakit malaria, penyakit kusta. 

Lalu, perihal masalah merokok pada anak, obesitas penduduk dewasa, juga pembangunan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) terakreditasi serta pembangunan Puskesmas dengan tenaga kesehatan sesuai standar.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monarfa (bappenas.go.id)

Dalam paparan di depan Komisi XI DPR, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, membeberkan, capaian 10 isu di atas pada 2022 masih rendah sehingga besar kemungkinan pada target 2024 akan sulit dicapai.