Logo Bloomberg Technoz

Gelombang PHK Perusahaan Teknologi, Giliran Spotify PHK 200 Orang

News
06 June 2023 08:20

Ilustrasi Spotify (Sumber: Tiffany Hagler-Geard/Bloomberg)
Ilustrasi Spotify (Sumber: Tiffany Hagler-Geard/Bloomberg)

Ashley Carman - Bloomberg News

Bloomberg - Spotify Technology SA akan memberhentikan 2% karyawannya, atau sebanyak 200 orang, terutama di divisi podcastnya, kata perusahaan tersebut dalam postingan di blog publik. Sahar Elhabashi, wakil presiden, kepala bisnis podcast, membuat pengumuman tersebut, dengan mengatakan PHK tersebut akan membantu Spotify menjadi “organisasi yang optimal” untuh tahap selanjutnya dari bisnis podcast mereka.

Dua studio milik perusahaan, Gimlet Media dan Parcast, pada akhirnya akan bergabung menjadi Studio Spotify dengan branding jaringan tersebut dihapus dari pemrograman. The Ringer, studio ketiga, akan terus beroperasi secara independen, kata juru bicara dalam komentar via email. Pemangkasan tambahan akan berdampak pada keuangan dan akuisisi bakat.

“Keberhasilan kami yang berkelanjutan dalam menumbuhkan ekosistem podcast didasarkan pada kebutuhan bahwa Spotify Machine selalu bergerak,” tulis Elhabashi. “Dan dengan perubahan ini, kami akan mempercepat ke bab berikutnya untuk podcast di Spotify, dengan penemuan luar biasa dan podcast yang kuat bagi pengguna, monetisasi yang berkembang, dan pertumbuhan audiens bagi para kreator, dan bisnis yang berharga dan bermargin tinggi untuk Spotify.”

PHK tersebut akan disertai dengan pergantian eksekutif. Liliana Kim akan memimpin konten saat ini untuk Spotify Studios yang ditata ulang, dan Liz Gateley akan mengepalai pengembangan. Julie McNamara akan terus mengawasi organisasi studio, dan Bill Simmons akan tetap sebagai direktur pelaksana The Ringer dan kepala inovasi dan monetisasi podcast.