Logo Bloomberg Technoz

Tidak hanya dari kalangan pengguna rumah tangga, tetapi juga pelaku usaha yang mulai beralih menggunakan gas untuk menjalankan mesin. Bermodalkan perangkat konversi (converter kit) mesin-mesin sederhana seperti pompa air dapat menggunakan gas sebagai bahan bakar dari sebelumnya menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Sebagai catatan, subsidi LPG tabung 3 kg mengambil porsi terbesar, jika dibandingkan dengan subsidi BBM dan listrik. Sesuai APBN Tahun Anggaran 2023, subsidi LPG tabung 3 kg mencapai Rp117,85 triliun.

“Ya kalau perkiraan pertumbuhan ini kan me-refer ke tahun-tahun sebelumnya. Namun, ada kemungkinan naik 5% ya penggunaan,” ujar Arifin.

Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)

Sebelumnya, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman mengatakan sejak 1 Maret 2023, Kementerian ESDM dan PT Pertamina (Persero) telah melakukan registrasi atau pendataan konsumen pengguna LPG 3 Kg, sebagai bagian dari Program Pendistribusian LPG 3 Kg Tepat Sasaran.

Sosialisasi program ini terus dilaksanakan melalui berbagai saluran, antara lain secara daring dengan mengundang penyalur (agen) dan sub penyalur (pangkalan).

"Untuk 2023 ini hanya akan dilakukan pendataan atau pencocokan data konsumen pengguna LPG tabung 3 kg. Selanjutnya, mulai 1 Januari 2024, hanya konsumen yang telah terdata saja yang boleh membeli LPG tabung 3 kg," tutur Laode pada awal Mei 2023.

Menurut Laode, konsumen pengguna LPG 3 kg ini merupakan tindak lanjut  Nota Keuangan Tahun 2023  yang menyatakan komitmen Pemerintah melakukan langkah-langkah transformasi subsidi LPG 3 kg menjadi berbasis  target penerima atau by name, by address dan terintegrasi dengan program perlindungan sosial secara bertahap.

(rez/wdh)

No more pages