Logo Bloomberg Technoz

Terbang di Atas Gedung Putih, Jet Pribadi Dikejar Pesawat Tempur

News
05 June 2023 16:20

Foto Virginia (Sumber: Bloomberg)
Foto Virginia (Sumber: Bloomberg)

Victoria Cavaliere dan Alan Levin - Bloomberg News

Bloomberg - Penduduk wilayah Washington dikejutkan oleh suara ledakan sonik yang mengguncang wilayah tersebut pada Minggu (4/6/2023). Suara tersebut berasal dari pesawat tempur angkatan udara AS yang mengejar pesawat Cessna yang diduga melintas di zona larangan terbang.

Pesawat Cessna 560 Citation V, tidak merespons peringatan saat dipanggil oleh pihak berwenang ketika terbang di atas Washington dan Virgina Utara, kata North American Aerospace Defense Command (NORAD) dalam sebuah pernyataan. Pesawat itu kemudian jatuh di wilayah Virginia. Tidak ada korban selamat yang ditemukan saat tim penyelamat tiba di reruntuhan, menurut laporan Associated Press.

Sebelumnya pesawat tempur milik NORAD dikerahkan untuk mengejar jet Cessna dengan kecepatan supersonik. Kecepatan terbang tersebut kemudian menimbulkan suara ledakan sonik yang mungkin terdengar oleh penduduk di wilayah tersebut. Pesawat NORAD juga menggunakan suar, yang memungkinkan dapat terlihat di darat, sebagai upaya untuk menarik perhatian pilot Cessna.

Kompleks gedung Capitol AS sempat disiagakan hingga pesawat meninggalkan wilayah itu, kata Polisi Capitol AS. Wilayah udara dekat Washington sangat dibatasi sejak 11 September 2001, saat serangan teroris terjadi di Pentagon dan World Trade Center New York.