Logo Bloomberg Technoz

Pembatalan Penerbangan Meningkat, Qantas Terancam Didenda

News
05 June 2023 14:50

Pesawat Qantas
Pesawat Qantas

Angus Whitley - Bloomberg News

Bloomberg, Qantas Airways Ltd. dan maskapai penerbangan Australia lainnya menghadapi kemungkinan didenda atas pembatalan dan penundaan penerbangan. Ini terjadi pasca penilaian yang memberatkan terkait level persaingan dan layanan pelanggan oleh pengawas antimonopoli domestik.

Pemerintah harus mempertimbangkan untuk memperkenalkan hak khusus bagi penumpang yang penerbangannya dibatalkan atau terlambat, kata Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (Australian Competition & Consumer Commission/ACCC) dalam laporan akhir tentang persaingan maskapai pada Senin (05/06/2023).

Pengawas menyerukan pembentukan badan independen untuk menangani keluhan terhadap maskapai penerbangan, menggambarkan adanya program untuk menyelesaikan perselisihan, yang dijalankan oleh maskapai itu sendiri, sebagai hal yang ‘tidak efektif’.

Berdasarkan laporan ACCC, setelah program pemantauan dijalankan selama 3 tahun, industri penerbangan domestik digambarkan hampir seluruhnya dalam cengkraman Qantas dan saingannya yang lebih kecil, Virgin Australia.