Logo Bloomberg Technoz

Usai Ombudsman, Amzulian Rifai Terpilih jadi Ketua KY

Fransisco Rosarians Enga Geken
05 June 2023 14:20

Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai. (Dok. Komisi Yudisial)
Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai. (Dok. Komisi Yudisial)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Yudisial menggelar pemilihan ketua dan wakil ketua yang akan memimpin pada paruh kedua periode 2021-2025. Sesuai Peraturan Komisi Yudisial nomor 3 tahun 2018, pimpinan lembaga pengawasan hakim tersebut harus dipilih ulang setiap dua tahun enam bulan. 

Pada paruh pertama periode pimpinan 2021-2025, Komisi Yudisial dipimpin Mukti Fajar Nur Dewata sebagai ketua; dan Muhammad Taufiq HZ sebagai wakil ketua. Keduanya memimpin lembaga tersebut mulai Januari 2021 hingga Juni 2023. 

Tujuh komisioner KY pun menggelar Rapat Pleno pemilihan pimpinan baru, Senin (5/6/2023). Berdasarkan hasil pemungutan suara, Amzulian Rifai terpilih sebagai Ketua KY dan Siti Nurdjanah sebagai Wakil Ketua KY. 

Mantan Ketua Ombudsman tersebut terpilih usai lima orang komisioner lainnya tak bersedia menjadi ketua KY. Dalam pemilihan tersebut, hanya Amzulian dan Binziad Kadafi yang bersedia mengisi posisi ketua. Hasilnya, Amzulian memperoleh lima suara dan Binziad hanya dua suara.

Sedangkan pada pemilihan Wakil Ketua KY, hanya ada dua nama calon yang bersedia maju yaitu Siti Nudjanah dan Joko Sasmito. Berdasarkan hasil pemungutan suara; Siti mendapat dukungan dari empat komisioner, Joko dari dua komisioner, dan satu komisioner memilih abstain.