Logo Bloomberg Technoz

Pemegang Saham Tolak Gaji Jumbo Petinggi Netflix

News
02 June 2023 20:00

Logo Netflix. Fotografer: Gabby Jones/Bloomberg
Logo Netflix. Fotografer: Gabby Jones/Bloomberg

Christopher Palmeri - Bloomberg News

Bloomberg, Pemegang saham Netflix Inc. menolak paket gaji dan bonus bagi pimpinan perusahaan, termasuk Co-Chief Executive Officer Ted Sarandos dan Greg Peters. Ini merupakan bentuk protes terhadap bayaran tinggi bagi para eksekutif media papan atas yang menimbulkan kecemburuan para pekerja di Holywood. 

Sarandos seharusnya mendapatkan sebanyak US$40 juta dalam bentuk gaji, bonus dan opsi saham. Sementara Peters, yang ditunjuk sebagai co-CEO pada bulan Januari, seharusnya mendapatkan paket gaji dan bonus US$34,6 juta. Reed Hastings, salah satu pendiri dan ketua eksekutif perusahaan, akan mendapatkan US$3 juta.

Para pemegang saham memberikan suara menentang kompensasi yang diusulkan dalam rapat tahunan, menurut seseorang yang mengetahui masalah ini. Dewan Netflix dapat mengabaikan hasilnya, seperti yang mereka lakukan di masa lalu, meskipun pemungutan suara tersebut signifikan mengingat perselisihan saat ini antara studio-studio besar Hollywood dan para penulis skenario.

Para penulis Hollywood yang mencolok telah mengecam perusahaan-perusahaan media karena membayar para eksekutif mereka terlalu banyak uang, antara lain menunjuk pada gaji kepala Walt Disney Co. Bob Iger dan bos Warner Bros. Discovery Inc. David Zaslav.