Logo Bloomberg Technoz

Dapat Mitra Baru, BUMI Pastikan Penghiliran Batu Bara Mulai 2024

Rezha Hadyan
31 May 2023 16:00

Aktivitas penambangan PT Bumi Resources Tbk (Dok bumiresources.com)
Aktivitas penambangan PT Bumi Resources Tbk (Dok bumiresources.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta –  Emiten pertambangan batu bara Grup Bakrie, PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) memastikan proyek penghilliran batu bara menjadi amonia akan mulai dieksekusi tahun depan. 

Pembangunan pabrik olahan batu bara tersebut merupakan salah satu dari dua megaproyek penghiliran batu bara, selain pengolahan menjadi dimethyl ether (DME) atau gasifikasi.

Selain  itu, pabrik tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh anak usaha Bumi Resources, PT Arutmin Indonesia dan PT Kaltim Prima Coal (KPC), untuk mendapatkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dari pemerintah.

Presiden Direktur Bumi Resources Adika Nuraga Bakrie mengungkapkan pembangunan pabrik pengolahan batu bara emiten dengan kode saham BUMI itu akan menggandeng mitra baru, yaitu perusahaan asal China.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah mengonfirmasi hengkangnya Air Products & Chemical Inc (APCI) asal Amerika Serikat dari dua megaproyek gasifikasi batu bara oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan anak usaha BUMI.