Logo Bloomberg Technoz

Skema izin tinggal melalui investasi dan kewarganegaraan melalui investasi atau sering disebut golden visa dan golden passport merupakan kebijakan yang diberlakukan suatu negara melalui mekanisme pemberian fasilitas izin tinggal atau berkewarganegaraan kepada WNA melalui investasi atau membayar sejumlah biaya tertentu.

Pemegang golden visa dapat menikmati manfaat eksklusif seperti prosedur dan persyaratan permohonan visa dan urusan imigrasi lebih mudah dan cepat, mobilitas dengan multiple entries, jangka waktu tinggal lebih lama, dan hak untuk memiliki aset di dalam negara, serta menjadi jalur fast track untuk pengajuan kewarganegaraan.

Pemerintah membidik torehan devisa sektor pariwisata senilai US$10 miliar (sekitar Rp148,70 triliun) pada 2023, seiring dengan dinaikkannya target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari 7,4 juta menjadi 8,5 juta kunjungan pada tahun ini.

Pemerintah memasang target devisa melonjak lebih dari dua kali lipat dari realisasi tahun lalu senilai US$4,26 miliar (Rp63,34 triliun). Target devisa pariwisata pada tahun ini naik dari bidikan awal pemerintah sebanyak US$6 miliar (Rp89,22 triliun).

(evs)

No more pages