Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Siapkan Golden Visa untuk Tarik Investasi Asing

Elisa Valenta
30 May 2023 09:30

Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat ditemui setelah peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia tengah menyiapkan skema izin tinggal bagi Warga Negara Asing (WNA) yang menetap setelah berinvestasi. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan pemerintah sedang menyiapkan payung hukum dan segera menerbitkan kebijakan Golden Visa dalam waktu dekat. Nantinya, kebijakan Golden Visa akan diatur oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, sebagai lembaga yang terkait dengan penerapan kebijakan visa.

Golden visa ini diharapkan mampu menarik talenta asing yang dapat mendukung digitalisasi, industri kesehatan, riset maupun teknologi.

Penerapan golden visa diharapkan bisa meningkatkan investasi dari luar negeri hingga menciptakan lapangan kerja. Dimana diperkirakan banyak dibutuhkan tenaga kerja yang berkutat di dunia digital.

"Diharapkan golden visa jadi game changer dan sesuatu yang berbeda dan akan membawa lebih banyak wisatawan baik yang disebut digital nomad dan digital entrepreneur yang investasi di Indonesia. Ini akan disiapkan dan segera diumumkan pemerintah," katanya usai rapat di Istana Negara, Senin (29/5/2023).