Logo Bloomberg Technoz

KAI Siapkan Stasiun BNI City Bisa Check In Pesawat 

Yunia Rusmalina
29 May 2023 20:45

Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)
Ilustrasi Bandara (Dok. Angkasa Pura)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan fasilitas check in pesawat pada sejumlah stasiun kereta api yang dilalui Kereta Api Bandara. Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba mengatakan, lokasi yang paling siap dan akan menjadi stasiun check in pesawat pertama adalah Stasiun BNI City. 

"Kami sedang melakukan kajian, stasiun mana yang paling tepat untuk dilakukan check in. Tapi sementara ini, yang sudah mungkin hampir pasti itu di BNI City," kata Anne di Jakarta, Senin (29/5/2023). 

Meski demikian, kata dia, KAI masih perlu berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti pengelola bandara, Angkasa Pura; dan seluruh maskapai penerbangan. Hal ini membuat perusahaan pelat merah tersebut belum bisa menyampaikan target pemasangan fasilitas check in di Stasiun BNI City.

Menurut Anne, KAI akan segera menjalin komunikasi dengan para operator pesawat. Dia mengklaim, pelaksanaan check in di stasiun kereta akan berjalan bertahap sesuai kesiapan setiap maskapai. Selain itu, KAI juga harus menyelaraskan antara jadwal penerbangan pesawat dengan jadwal operasi kereta bandara.

"Untuk saat ini, rencana paling dekat adalah menemui operator," kata dia.

Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)