Logo Bloomberg Technoz

AP II Sebut Penumpang Pesawat Tembus 18,25 Juta Orang

News
29 May 2023 16:50

Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )
Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Meredanya pandemi Covid-19 berdampak pada membaiknya sektor penerbangan di Indonesia. Hal ini terlihat dari jumlah penumpang pesawat.

Pada kuartal I-2023, total pergerakan penumpang di bandara-bandara AP II secara kumulatif mencapai 18,25 juta penumpang dengan sekitar 140.000 pergerakan pesawat. Angka ini lebih baik ketimbang kuartal I-2022 sebesar 11,85 juta penumpang.

“Bandara AP II pada awal tahun ini mampu memaksimalkan slot time penerbangan di bandara-bandara khususnya di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia,” ungkap Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, dikutip Senin (29/5/2023).

Sepanjang Januari hingga Maret 2023 terdapat sejumlah rute reguler baru yang dibuka di bandara-bandara AP II, misalnya di rute internasional dibukanya rute Jakarta - Bangkok oleh Thai AirAsia, dan sejumlah penerbangan umrah dari Bandara Kertajati.

Sementara rute baru di domestik antara lain Jakarta - Balikpapan oleh Pelita Air; Kualanamu (Medan) - Bandung oleh Super Air Jet, dan Bandung - Denpasar juga oleh Super Air Jet.