Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Jadi Presiden Turki 3 Periode, Putin Beri Selamat

News
29 May 2023 13:50

Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Bloomberg)
Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin memberi selamat kepada Recep Tayyip Erdogan atas kemenangannya di pemilu Turki pada Minggu (28/05/2023). Putin menyebut kemenangan ini merupakan bukti warga Turki mengapresiasi kebijakan luar negeri independen Erdogan.

"Kemenangan pemilu adalah hasil alami dari kerja tanpa pamrih Anda sebagai kepala Reupblik Turki. Bukti nyata dukungan rakyat Turki atas upaya Anda memperkuat kedaulatan negara dan menjalankan kebijakan luar negeri yang independen," kata Putin dalam sebuah pesan yang dikirim kepada Erdogan, menurut Kremlin.

"Kami sangat menghargai kontribusi pribadi Anda untuk memperkuat hubungan persahabatan Rusia-Turki dan kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang," katanya.

Putin mengatakan Erdogan sangat mementingkan proyek bersama seperti pembangkit listrk tenaga nuklir Akkuyu Turki, yang sedang dibangun oleh kelompok energi Rusia, Rosatom, dan pusat gas yang diusulkan Putin di Turki.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko (Sumber: Bloomberg)

Tak hanya Putin, presiden Belarusia, Alaexander Lukashenko, sekutu setia Putin di antara negara-negara bekas Soviet, menyampaikan ucapan selamat. Ia memuji Erdogan menjaga stabilitas Turki setelah gempa bumi awal Tahun.