Logo Bloomberg Technoz

Hartanya Rp23 M, Mendagri Tito Nihil Aset Kendaraan

Krizia Putri Kinanti
28 May 2023 16:38

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Tangkapan layar via Youtube Humas BNPT)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Tangkapan layar via Youtube Humas BNPT)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merupakan menteri yang tidak memiliki aset kendaraan. Baik itu sepeda, sepeda motor maupun mobil. Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK per Desember 2022, harta Tito Karnavian sebesar Rp23.283.464.072, dengan alat transportasi dan mesin tercatat nihil.

Apabila ditelisik lebih lanjut, Tito tidak tercatat memiliki aset kendaraan atau alat transportasi dan mesin sejak 2019 sampai 2022. Dalam LHKPN, ia juga tidak tercatat memiliki surat berharga, harta lainnya dan utang.

Dari Rp23 miliar harta yang dimiliki, eks Kapolri dan Kapolda Metro Jaya ini mayoritas menggenggam kas dan setara kas dengan nilai Rp14,72 miliar. Tidak disebutkan secara rinci jenis kas dan setara kas milik Tito.

Sedangkan aset kedua terbesar adalah aset tanah dan bangunan. Total tanah dan bangunan milik Tito Rp8.297.741.000.  Tanah dan bangunan tersebar di kota Palembang. Satu berada di Jakarta Selatan, dan satu di Kota Tangerang.

Terdapat 11 tanah dan atau tanah, bangunan yang dimiliki Tito yang pernah menduduki jabatan Plt MenPANRB tersebut. Sisanya Rp260 juta merupakan harga bergerak lainnya.