Logo Bloomberg Technoz

The Fed Mengarah ke Jeda, Tapi Belum Akan Hentikan Pengetatan

News
25 May 2023 08:00

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve kini lebih condong ke arah menghentikan sementara kenaikan suku bunga pada pertemuan Juni nanti di tengah meningkatnya ketidakpastian prospek ekonomi.

Meski demikian bank sentral mengisyaratkan mereka belum siap untuk mengakhiri pertempuran mereka melawan inflasi.

Menurut risalah dari pertemuan pejabat The Fed pada 2-3 Mei yang dirilis di Washington pada Rabu (24/05/2023), para pembuat kebijakan mengatakan mereka tidak yakin tentang berapa banyak pengetatan suku bunga yang diperlukan ke depannya dan menimbang kemajuan yang lebih lambat dari perkiraan inflasi dan pasar tenaga kerja terhadap kemungkinan krisis kredit menyusul gejolak perbankan baru-baru ini.

Risalah itu juga menambahkan lebih banyak detail tentang perdebatan di lingkaran The Fed, sesuai dengan yang dinyatakan Gubernur Jerome Powell dan lainnya, bahwa pembuat kebijakan dapat mengambil jeda dalam siklus kenaikan suku bunga mereka pada pertemuan 13-14 Juni untuk mempertimbangkan data baru dan tingkat kredit.