Logo Bloomberg Technoz

Emiten Sandiaga Uno Naik Kelas ke Papan Paling 'Bergengsi' di BEI

Dityasa Hanin Forddanta
25 May 2023 07:30

Karyawan memfoto layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan memfoto layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi saham yang berhak 'naik kelas' masuk papan utama. Evaluasi dilakukan setiap Mei dan November setiap tahun.

Ada lima saham yang per bulan ini naik kelas dari papan pengembangan ke papan utama. Berikut kelimanya, berdasarkan keterbukaan informasi, dikutip Kamis (25/5/2023).

- PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS)
- PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP)
- PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME)
- PT Golden Eagle Energy Tbk (SMMT)
- PT Perintis Triniti Properti Tbk (TRIN)

BEI memiliki kriteria tertentu untuk memutuskan keberadaan saham di papan perdagangan. Namun, secara garis besar, papan utama adalah papan perdagangan untuk saham emiten yang memiliki skala perusahaan yang besar dan telah memiliki rekam jejak keuangan yang baik.

Perbedaan paling mendasar antara papan utama dan pengembangan adalah, perolehan laba emiten yang bersangkutan. Emiten yang belum memenuhi kriteria papan utama dan belum membukukan laba bersih masuk ke papan pengembangan.