Logo Bloomberg Technoz

Nilai Analisa Rating Tidak Benar, Softbank Kritik S&P

News
24 May 2023 12:00

Softbank, perusahaan investasi atau pemodal ventura. (dok Bloomberg)
Softbank, perusahaan investasi atau pemodal ventura. (dok Bloomberg)

Min Jeong Lee dan Takahiko Hyuga - Bloomberg News

Bloomberg, SoftBank Group Corp. mengeluarkan kritikan tajam kepada S&P Global Ratings, setelah lembaga pemeringkat tersebut memberikan rating kredit jangka panjang satu notch di atas teritory junk-bond.

SoftBank mengkritik keputusan tersebut dan berpendapat bahwa S&P telah gagal menganalisis kondisi perusahaan secara akurat. Perusahaan yang berbasis di Tokyo ini berpendapat bahwa menjual aset seperti Alibaba dengan imbalan uang tunai jelas lebih baik untuk stabilitas neraca.

“Selama setahun terakhir, manajemen keuangan defensif yang ketat telah memperkuat posisi keuangan kami lebih baik dari sebelumnya,” kata Softbank dalam pernyataannya. “Sangat disesalkan bahwa kesehatan keuangan kami tidak dinilai dengan benar, dan kami akan melanjutkan dialog dengan S&P.”

Sebelumnya, S&P menyatakan risiko kredit SoftBank meningkat karena menjual aset seperti Alibaba Group Holding Ltd. dan meningkatkan eksposurnya ke startup swasta dengan valuasi yang lebih fluktuatif. S&P menurunkan peringkat perusahaan menjadi BB dari BB+. Saham SoftBank turun sebanyak 2,3% di Tokyo, sementara credit default swaps SoftBank naik paling tinggi dalam sebulan terakhir.