Logo Bloomberg Technoz

Sementara Lula menekankan bahwa tidak ada Zelenskiy dalam jadwal bilateral telah dibuat oleh timnya. Ia pun mengatakan rencana pertemuan antara mereka di masa depan akan bergantung pada kesediaan Zelenskiy untuk “berbicara tentang perdamaian.” 

2. Presiden China Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping belum bertemu langsung dengan Zelenskiy. Pada 26 April lalu ia memilih untuk mengadakan panggilan telepon dengan presiden negara berkonflik itu. Panggilan itu adalah pertama kalinya ada kontak antara dua pimpinan negara itu sejak invas Rusia ke Ukraina dimulai.

Menurut kantor berita China, Xinhua pembicaraan itu hanya menyentuh tema-tema yang familiar dan tidak ada hal yang menonjol. Sementara Zelenskiy menyebut pembicaraan mereka panjang dan bermakna.

Selama ini sikap China terhadap Ukraina memicu skeptisisme mendalam di kalangan negara Barat tentang kenetralan China dalam konflik itu dan keinginan negara itu untuk berperan dalam penyelesaian konflik.

3. Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa

Hingga kini Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa belum bertemu tatap muka dengan Zelenskiy. Meski demikian, ia direncanakan bertemu dengan Zelenskiy dan Presiden Rusia Vladimir Putin secara terpisah pada Juni, demikian dilaporkan Bloomberg News.

AS menuduh bahwa Afrika Selatan telah memasok senjata ke Rusia, dengan Duta Besar AS untuk Afrika Selatan Reuben Brigety mengatakan bahwa senjata telah dimuat ke kapal kargo Rusia, Lady R, di Cape Town pada Desember. Ramaphosa menyebut pernyataan itu mengecewakan dan tanpa bukti.

Setelahnya, ia pun langsung mengadakan pembicaraan via telepon dengan Zelenskiy. "Siapa pun yang membantu agresor dengan senjata akan menjadi kaki tangan dengan segala konsekuensinya," kata Zelenskiy dalam sebuah pernyataan setelah berbicara dengan Ramaphosa.

4. Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan

Pada Oktober 2022, Presiden UEA, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan melakukan panggilan telepon dengan Zelenskiy. Mengutip WAM, kedua belah pihak membahas kerja sama antara kedua negara, perkembangan krisis Ukraina, dan pentingnya de-eskalasi dan mengurangi ketegangan melalui dialog dan solusi diplomatik. 

Namun, hingga kini kedua pemimpin negara belum bertatap muka.

5. Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

Juga pada Oktober 2022, Zelenskiy melakukan panggilan telepon dengan Tamim di mana di Twitternya, ia mengucapkan terima kasih atas dukungan tegas untuk kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dan langkah bersama lebih lanjut dalam PBB dan platform internasional lainnya. Namun, hingga kini kedua pemimpin negara belum bertatap muka.

Di bulan yang sama, Tamim dan Putin bertemu di Kazakhstan membahas krisis Ukraina dan dampaknya terhadap pasar energi, demikian dilaporkan Al-Jazeera. Mereka juga membahas dampak konflik terhadap ketahanan pangan serta situasi di Libya, Suriah dan pembicaraan nuklir Iran.

(bbn)

No more pages